SEKILAS DIBALIK RRI DAN PRO 2 JOGJA
Seperti
yang kita tau, radio merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk
pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Radio
pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda pada
tahun 1934 melalui Organisasi Penyiaran Nederlandsche Radio Omroop Maatscapy
(NROM) di Batavia (sekarang Jakarta). Namun, taukah kamu? Pada tanggal 11
September 1945, pemerintah Indonesia mendirikan LPP (Lembaga Penyiaran Publik)
bernama RRI (Radio Republik Indonesia) dengan slogan “Sekali di Udara, Tetap di Udara”. RRI di Yogyakarta dibagi menjadi 4
yaitu, RRI Pro 1, RRI Pro 2, RRI Pro 3 dan RRI Pro 4. Masing-masing dari bagian
tersebut memiliki frekwensi, program unggulan dan sasaran pendengar yang
berbeda-beda.
Jumat, 15
Desember 2017 seluruh mahasiswa STMM MMTC Yogyakarta program studi Manajemen
Informasi dan Komunikasi, melakukan study
visit ke salah satu stasiun RRI yaitu RRI Pro 2 Jogja yang beralamatkan di Komplek RRI Pro 2, Jalan Gejayan, Caturtunggal,
Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.
Dari
hasil study visit tersebut, kami
mendapatkan data-data sebagai berikut:
1. Visi RRI
“Mewujudkan Lembaga Penyiaran
Republik Indonesia sebagai radio berjaringan terluas, pembangunan karakter
bangsa, berkelas dunia.”
2. Misi RRI
1. Memberikan
pelayanan informasi terpercaya yang dapat menjadi acuan dan sarana control
sosial masyarakat dengan memperhatikan kode etika jurnalistik atau kode etika
penyiaran.
2. Mengembangkan
siaran pendidikan untuk mencerahkan, mencerdaskan dan memberdayakan serta
mendorong kearifan masyarakat dalam kerangka membangun karakter bangsa.
3. Menyelenggarakan
siaran yang bertujuan menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa,
memberikan hiburan yang sehat bagi keluaraga, membentuk budi pekerti dan jati
diri bangsa di tengah arus globalisasi.
4. Menyelenggarakan
program siaran berperspektif gender yang sesuai dengan budaya bangsa dan
melayani kebutuhan minoritas.
5. Memperkuat
program siaran di wilayah perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI.
6. Meningkatkan
kualitas siaran luar negeri dengan program saran yang mencerminkan politik
negara dan citra positif negara.
7. Meningkatkan
partisipasi publik dalam proses penyelenggaraan siaran mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program siaran.
8. Meningkatkan
kualitas audio dan memperluas jangkauan siaran secara nasional dan
internasional dengan mengoptimalkan sumberdaya teknologi yang ada dan
mengadaptasi perkembangan teknologi penyiaran serta mengefisiensi pengolahan
maupun pemeliharaan perangkat teknik.
9. Mengembangkan
organisasi yang dinamis, efektif dan
efisien dengan sistem manajemen sumber daya (SDM, keuangan, aset, informasi dan
operasional) berbasis teknologi informasi dalam rangka mewujudkan tata kelola lembaga
yang baik (good coorporate governance).
10. Memperluas
jejaring dan kerjasama dengan berbagai lembaga di dalam dan luar negeri yang
saling memperkuat dan menguntungkan.
11. Memberikan
pelayanan jasa-jasa yang terkait dengan penggunaan dan pemanfaatan aset negara
secara profesional dan akuntabel serta menggali sumber-sumber penerimaan lain
untuk mendukung operasional siaran dan meningkatkan kesejahteraan pengawas.
3. Asas, Tujuan dan Fungsi RRI
Dalam melaksanakan
tugas di bidang penyiaran LPP RRI merujuak pada asas, tujuan dan fungsi yang
telah ditetapkan oleh UU Nomor: 32 Tahun 2002 tentang penyiaran, yaitu:
Asas RRI : Penyiaran diselenggarakan berdasarkan
Pancasila dan UUD 1945 dengan asas manfaat, adil dan merata, kepastian hukum,
keamanan, keberagaman, kemitraan, kebebasan dan tanggung jawab.
Tujuan RRI : Penyiaran
diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya
watak dan jati diri bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka
membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil, dan sejahtera, serta
menumbuhkan industry penyiaran Indonesia.
Fungsi RRI : Penyiaran
sebgai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi,
pendidikan, hiburan yang sehat, control, dan perekat sosial serta memajukan
kebudayaan.
4. Alamat dan Situs RRI
Nama Perusahaan
|
Lembaga Penyiaran Publik RRI
|
Nama Stasiun
|
RRI Pro 2
|
Frekuensi
|
FM 102.50 MHz
|
Jangkauan Siar
|
Daerah Istimewa Yogyakarta
|
Alamat
|
Jl. Affandi Gejayan
|
Kontak Iklan
|
(0274) 512783
|
Telephone
|
(0274) 512783-512784-512785
|
Fax
|
(0274) 512784
|
Website
|
www.rri-online.com
|
E-mail
|
Rri-yk@yogya.wasantara.net.id
|
5. Kebijakan Penyiaran RRI
- Kegiatan penyiaran ditujukan untuk memberikan informasi, pendidikan, dan hiburan melalui berbagai program siaran yang diharapkan memperkaya wawasan dan mendorong keikut sertaan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menjadi wahana control sosial.
- Kegiatan siaran berita harus menjunjung tinggi kode etika jurnalistik.
- Kegiatan pentiaran, harus memberikan ruang kepada kelompok minoritas, kelompok khusus perempuan dan anak.
- Kegiatan penyiaran harus dilakukan dengan kreatif dan berkualitas tinggi.
- Kegiatan penyiaran harus memberikan peluang bagi pengembangan kreatifitas dan inovasi masyarakat serta nilai-nilai kearifan lokal.
- Kegiatan penyiaran harus menjadi wahana pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional.
- Kegiatan penyiaran harus mendukung integrasi nasional, kedaulatan NKRI dan menjaga citra positif bangsa di dunia internasional.
- Kegiatan penyiaran berpedoman pada pedoman prilaku penyiaran atau standar program siaran (P3PS) Komisi Penyiaran Indonesia.
- Kegiatan pengembangan siaran diarahkan untuk melayani seluruh lapisan msyarakat, demi peningkatan karakter bangsa.
6. Sumber Dana RRI
Sumber dana didapatkan
dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) karena RRI ditunjuk pemerintah sebagai Lembaga Penyaran Publik (LPP) yang bertugs untuk melayani publik secara on air maupun off air.
7. Evaluasi Program RRI
8. RRI Pro 2 JOGJA
Stasiun radio dengan sasaran pendengar mayoritas remaja dan mahasiswa
ini, merupakan bagian dari Radio Republik Indonesia (RRI) yang terletak di Yogyakarta. RRI Pro 2 mengudara mulai pukul 04.30 hingga 24.00 dan berisikan program-program kekinian yang berisikan musik, informasi,
dan entertainment tanpa melupakan unsur budaya dan ilmu pengetahuan tentunya. Selain itu, RRI (termasuk Pro 2 Jogja) memiliki website streaming, yaitu melalui aplikasi RRI Play. RRI Pro 2 ini juga memiliki jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya. Selain
itu dibahas pula bahwa ditahun 2018 yang akan datang, RRI akan mengeluarkan program baru bernama SKS (Siaran Anak Kampus dan Sekolah). Dari program SKS itu diharapkan bukan hanya penyiar saja yang dapat mengudara, tetapi para pelajar dan mahasiswa di beri kesempatan untuk mencoba. Hal ini merupakan satu strategi pendekatan Pro 2 Jogja kepada publik khususnya menyasar pada generasi muda.
Berikut format dari Pro 2 Jogja:
Visi Progama
|
Pusat Kreatifitas Anak Muda
|
Format Progama
|
Musik dan Informasi
|
Pernyataan
Progama
|
Suara Kreatifitas
|
Sebutan
Progama
|
Pro 2 RRI Jogja
|
Semboyan
Institusi
|
Sekali di Udara Tetap di Udara
|
Sasaran
Khalayak
|
12 s/d 25 tahun
|
Pendidikan
|
SLTP s/d Sarjana
|
Jenis Kelamin
|
Pria dan Wanita
|
Strata Ekonomi
Sosial
|
B dan C
|
Sasaran
Wilayah
|
Kota Jogja, DIY dan Sekitarnya
|
Sapaan
|
Sahabat Kreatif
|
Pronomina Persona
Orang
|
Sahabat
|
Pola Program
|
Block system dan capsule system dengan
pendekatan Narrowcasting
|
Klasifikasi
dan Presentasi Siaran
|
-
Berita dan Informasi (30%)
-
Hiburan (40%)
-
Kebudayaan (10%)
-
Pendidikan (10%)
-
Iklan dan Penunjang (10%)
|
Musik
|
-
Indonesia (70%) terdiri dari label 90% (perhari
diputar sekitar 144 lagu) dan Indie 10% (perhari 16 lagu)
-
Barat/Mancanegara (30%) perhari sekitar 68 lagu
|
Nama-nama program Pro 2 RRI Jogja:
- Jelang Fajar (04.30 - 06.00)
- Pro Aspirasi (06.00 - 13.00)
- Rest Program (13.30 - 14.00)
- Musik Box Oldies (14.00 - 15.00)
- Gender Touch (15.00 - 16.00)
- Personal Show (16.00 - 17.00)
- Zona Petang (17.00 - 18.00)
- Rest Program (18.00 - 19.00)
- Siaran Pedesaan (19.30 - 20.00)
- Zona Edukasi (20.00 - 21.00)
- Ragam Musik (21.00 - 22.00)
- Musik Box (22.00 - 23.50)
- Renungan (23.50 - 24.00)
Komentar
Posting Komentar